Ramaikan kembali bioskop, demi perfilman Indonesia bangkit kembali.

Sejak bioskop dibuka kembali pada September 2021, banyak film yang mengumumkan tanggal tayangnya. Saat itu. film yang tayang di bioskop masih didominasi oleh film impor. Namun dua bulan berselang, beberapa film Indonesia terbaru sudah siap tayang di bulan November ini.

Setidaknya ada 6 film Indonesia terbaru yang bisa ditonton bersama teman, keluarga, atau orang-orang terkasih di bioskop terdekat.

Cekidot!

1. Paranoia (Drama, Thriller) – 11 November 2021

Film ini mendapat 4 nominasi FFI 2021 termasuk Film Terbaik/Miles Films

Film pertama yang akan tayang adalah Paranoia garapan sutradara Riri Riza. Film ini adalah film panjang pertamanya yang bergenre drama thriller. Sejumlah aktor papan atas siap meramaikan film produksi Miles Films ini. Di antaranya Nirina Zubir, Nicholas Saputra, dan Lukman Sardi.

Ceritanya sendiri tentang karakter Dina yang melarikan diri dari suaminya, Gion. Ia diburu karena membawa anak mereka dan barang berharga. Dalam persembunyiannya, seorang pria tak dikenal mengusik kehidupan Dina. Situasi semakin sulit, dan ancaman semakin mendekat ke kehidupan Dina.

2. Pintu Surga Terakhir (Keluarga, Religi) – 11 November 2021

Tiket akan dijual seharga 10.000 rupiah untuk 100ribu orang pertama/Falcon Pictures

Head to head dengan Paranoia, film komedi arahan Fajar Bustomi ini siap meramaikan bioskop. Film ini mendapuk pasangan Roger Danuarta dan Cut Meyriska sebagai pemeran utama. Cut akan memerankan karakter seorang wanita yang rela mengorbankan kepentingan dirinya demi menjaga ayahnya.

Semakin menarik, karena karakter ayah ini diperankan oleh aktor senior Indro Warkop. Dan di film produksi Falcon Pictures ini, Indro tidak berperan sebagai ‘Indro’ melainkan sebagai seorang bapak yang begitu mencintai anak perempuannya.

3. Cinta Bete (Drama, Kearifan Lokal) – 18 November 2021

Judul awal film ini adalah Separuh Purnama/Inno Maleo Films

Film ini sudah mencuri perhatian dengan mendapat 10 nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2021 termasuk di dalamnya Film Cerita Panjang Terbaik. Cinta Bete mengisahkan seorang perempuan bernama Bete yang hidup di perbatasan Atambua, Nusa Tenggara Timur. Karakternya kian unik karena Bete menggunakan mahkota bulan sabit di kepalanya.

Karakter Bete dipercayakan kepada aktor Hana Prinantina Malasan. Selain itu, sejumlah aktor seperti Marthino Lio, Yoga Pratama, hingga Djenar Maesa Ayu akan memperkuat film yang diproduksi oleh Inno Maleo Films ini.

4. Losmen Bu Broto (Drama, Keluarga) – 18 November 2021

Ada Maudy Ayunda dan Putri Marino juga di film ini/ideosource

Bagi kamu remaja tahun 1980-an tentu nggak asing lagi dengan serial Losmen yang tayang di TVRI. Serial ini cukup populer hingga karakternya melekat di hati penonton, termasuk Bu Broto yang diperankan oleh Mieke Widjaya.

Serial ini diadaptasi ke layar lebar dengan judul Losmen Bu Broto dan mendapuk Maudy Koesnaedi sebagai Bu Broto. Didukung juga oleh Mathias Muchus sebagai Pak Broto. Film arahan Eddie Cahyono dan Ifa Isfansyah ini akan menceritakan keseharian Pak Broto dan Bu Broto mengelola losmen bersama ketiga orang anaknya.

5. Kadet 1947 (Drama, Sejarah) – 25 November 2021

Marthino Lio actor of the month/Temata

Salah satu momen penting di bulan November adalah peringatan Hari Pahlawan. Maka film yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

Kadet 1947 terinspirasi dari peristiwa misi serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan oleh para kadet (calon penerbang Angkatan Udara) di markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 29 Juli 1947.

Film yang disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia ini didukung oleh sejumlah aktor muda yang berperan sebagai kadet. Di antaranya adalah Bisma Karisma, Kevin Julio, Omara Esteghlal, dan Marthino Lio.

6. Yowis Ben 3 (Komedi, Remaja) – 25 November 2021

Bagaimana kisah cinta Bayu selanjutnya?/Starvision

Film perdananya mendapat lebih dari 900 ribu penonton dan juga meraih penghargaan khusus Film Remaja Yang Bermuatan Kearifan Lokal di Festival Film Bandung 2018. Pasalnya film produksi Starvision ini menggunakan bahasa Jawa di sebagian besar dialognya.

Ceritanya sendiri tentang persahabatan para personil band ‘Yowis Ben’ yang terancam kehilangan manajer di tengah karir mereka yang semakin bersinar.

Film pertamanya berlatar di Malang, lalu pindah ke Bandung pada Yowis Ben 2. Lalu, akan kemana lagi perjalanan Yowis Ben di seri ketiganya ini?

Itulah daftar film Indonesia terbaru yang siap tayang di bioskop pada November 2021. Silakan teman-teman mulai menandai film mana saja yang akan ditonton. Dan jangan lupa tetap patuh pada protokol kesehatan yang diberlakukan di bioskop.

Topics #film indonesia