Bioskop makin bergairah, sejumlah film keren tayang sebagai penutup akhir tahun 2021.

Sebelum pandemi, bulan Desember dianggap sebagai ‘summer’-nya film Indonesia. Pasalnya film-film yang tayang di bulan ini seringkali mendapat antusias jumlah penonton yang tinggi. Bahkan di antaranya bisa tembus berjuta-juta penonton. Semisal Cek Toko Sebelah yang berhasil tembus angka 2 juta penonton.

Bulan Desember yang bertepatan dengan liburan sekolah pun, tidak hanya diramaikan oleh film Indonesia tapi juga film impor. Dan di Desember 2021, tak kurang dari 20 film keren siap meramaikan akhir tahun di bioskop.

Berikut film Indonesia yang akan tayang di bioskop

1. Akhirat: A Love Story (2 Desember 2021)

Genre seperti ini masih sangat jarang di film Indonesia/BASE Entertainment

Film keren pertama yang akan hadir di bioskop adalah karya perdana sutradara muda Jason Iskandar, Akhirat: A Love Story. Mengusung genre romansa fantasi, film produksi Base Entertainment ini mengisahkan tentang dua orang yang saling jatuh cinta. Mereka adalah Timur (Adipati Dolken) dan Mentari (Della Dartyan).

Namun sayangnya, cinta mereka terhalang perbedaan yang sulit untuk disatukan. Tak sampai disitu saja, cinta mereka kembali diuji tatkala salah satu dari mereka mengalami kecelakaan hingga koma. Kejadian ini membuat mereka bertemu di ruang imaji antara dunia dan akhirat.

Karena tak ingin terpisah lagi, mereka memutuskan untuk tetap berada di ruang imaji tersebut. Di sana mereka bertemu dengan jiwa-jiwa lain yang juga memiliki nasib yang sama. Akankah cinta mereka kekal dan mereka dapat kembali ke dunia?

2. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2 Desember 2021)

Christine Hakim akan berperan sebagai pelacur yang bertugas ‘menghidupkan’ burung Ajo Kawir/Palari Films

Film selanjutnya yang bakal menyapa bioskop tanah air adalah film karya Edwin yang sudah berkeliling di festival internasional. Film ini mendapatkan penghargaan Golden Leopard yang merupakan hadiah utama di Festival Film Internasional Locarno 2021.

Film yang diadaptasi dari novel karangan Eka Kurniawan berjudul sama ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Ajo Kawir (Marthino Lio), jagoan yang tak takut mati. Ia sering bertarung dengan siapa pun. Hasratnya bertarung ini dilatarbelakangi oleh satu rahasia besar di dirinya, yakni nggak bisa ngaceng (alias impoten).

Sederet aktor papan atas Indonesia turut serta bermain di film produksi Palari Films ini. Di antaranya Ladya Cheryl, Lukman Sardi, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, dan Christine Hakim.

3. Vidkill (9 Desember 2021)

Ya, kamu nggak salah kok itu Dikta penyanyi/Max Pictures

Bagaimana ketika kita melakukan video call bersama teman-teman, lantas kita melihat salah satu dari teman kita sedang menghadapi teror yang mengancam jiwanya? Apakah kita akan mendatanginya langsung ke tempat kejadian dengan pertaruhan waktu, atau melakukan hal lain?

Theo (Pradikta Wicaksono) melihat tunangannya diteror oleh orang asing ketika mereka sedang video call. Tunangannya sendiri sedang berlibur di sebuah villa bersama kedua orang temannya. Dan Theo pun berusaha menyelamatkan mereka melalui video call. Bentar-bentar…

Ya benar, karena 90% jalan cerita film ini akan dilakukan melalui panggilan video call. Mungkin itu juga kenapa judulnya diplesetin jadi VidKill, gabungan antara ‘Video’ dan ‘Kill’. Menarik!

4. Yuni (9 Desember 2021)

Arawinda Kirana terpilih sebagai Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2021/Starvision

Semenjak dipilih oleh komite Oscar Indonesia sebagai wakil Indonesia di ajang Oscar 2022, film arahan Kamila Andini ini cukup ramai diperbincangkan.

Ceritanya sendiri tentang Yuni (Arawinda Kirana), seorang gadis SMA yang cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Ketika dua pria yang hampir tidak dikenalnya datang untuk melamar, ia menolak lamaran mereka. Penolakan itu memicu gosip tentang mitos bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran tidak akan pernah menikah.

Tekanan semakin meningkat ketika pria ketiga melamarnya. Dan Yuni harus memilih antara memercayai mitos atau mengejar impiannya.

5. Baby Blues (23 Desember 2021)

Kayaknya sih bakal lucu-lucu menggemaskan gimana/MVP Pictures

Menikah artinya siap dengan segala konsekuensinya termasuk ketika Tuhan menitipkan anak. Namun yang terjadi, pasangan muda ini (diperankan Vino G. Bastian dan Aurelie Moeremans) tidak siap menjadi orang tua. Keduanya kerepotan mengurus anak dan kerap kali saling menyalahkan satu sama lain.

Sang ayah menyalahkan sang ibu, begitu juga sebaliknya. Hingga di suatu hari terjadi peristiwa yang mengagetkan mereka berdua. Mereka terbangun dalam keadaan jiwa yang sudah tertukar.

Lalu bagaimana Vino G. Bastian melakoni perannya sebagai seorang ibu, dan Aurelie Moeremans sebagai seorang ayah?

6. Teka-Teki Tika (23 Desember 2021)

Keinget film apa kalau lihat poster ini?/Starvision

Satu sineas yang tak pernah absen di Desember adalah Ernest Prakasa. Setelah lima film sebelumnya mengusung genre drama/komedi, di film keenamnya Ernest mencoba menghadirkan nuansa baru yakni thriller komedi.

Berjudul Teka-teki Tika, film hasil kolaborasi Indie Picture dan Starvision ini bercerita tentang keluarga Budiman (Ferry Salim). Budiman adalah seorang pengusaha kaya raya yang hidup bahagia bersama seluruh anggota keluarganya.

Namun saat merayakan ulang tahun pernikahan, keluarga Budiman tiba-tiba dikejutkan oleh kemunculan seorang perempuan misterius bernama Tika (Sheila Dara Aisha) yang mengaku sebagai anak kandung Budiman. Seiring kemunculan Tika, situasi menjadi kacau balau dan terjadi perpecahan dalam keluarga Budiman.

7. Backstage (30 Desember 2021)

Tonton dulu filmnya, jangan asal bilang plagiat ya/Paragon Pictures

Elsa Anindita, seorang wanita yang ingin menjadi penyanyi tapi tidak punya suara bagus. Berbanding terbalik dengan Sandra, kakak perempuannya, yang memiliki suara mumpuni untuk menjadi seorang penyanyi. Demi mewujudkan cita-cita adiknya, Sandra mengalah dan sepakat untuk ‘menyumbangkan’ suaranya untuk Elsa. Gimana gimana?

Ya setiap kali Elsa tampil ia akan lipsync, sementara kakaknya menyanyi di belakang panggung. Dan Elsa pun semakin terkenal sebagai penyanyi handal walau menggunakan suara orang lain. Dari sini saja, kita sudah tahu bakal ada setumpuk masalah yang menghampiri mereka berdua di kemudian hari.

Hal yang menarik lainnya adalah peran Elsa dan Sandra akan diperankan oleh aktor yang juga kakak beradik di dunia nyata, Vanesha Prescilla dan Sissy Priscillia.

8. Makmum 2 (30 Desember 2021)

Katanya lebih seram dari yang pertama/Dee Company

Slot terakhir film Indonesia di bioskop akan ditutup oleh sebuah sekuel horor, Makmum 2. Benang merah ceritanya hampir sama dengan film pertama maupun film pendeknya yakni akan ada adegan karakter utama sedang solat namun merasa diikuti oleh sesuatu.

Dalam sekuelnya ini, Makmum 2 berganti penyutradaraan dari Hadrah Daeng Ratu ke Guntur Soehardjanto. Pun juga dengan penulis naskahnya. Semula ditulis oleh Alim Sudio, kali ini digarap oleh Rafki Hidayat.

Sementara di jajaran pemain, Titi Kamal tetap dipertahankan sebagai pemeran utama. Dan akan diperkuat oleh Samuel Rizal, Dea Panendra, dan Marcella Zalianty.

Dan film impor yang akan mengisi adalah:

  1. Ghostbusters (1 Desember 2021)
  2. Boss Baby 2 (3 Desember 2021)
  3. West Side Story (8 Desember 2021)
  4. Paw Patrol (10 Desember 2021)
  5. Spider-Man: No Way Home (15 Desember 2021)
  6. House of Gucci (17 Desember 2021)
  7. Sing 2 (22 Desember 2021)
  8. The King’s Man (22 Desember 2021)
  9. The Matrix 4 (22 Desember 2021)
  10. Resident Evil: Welcome to Raccoon City (28 Desember 2021)
  11. Clifford Big Red Dog (29 Desember 2021)
  12. Ron’s Gone Wrong (31 Desember 2021)

Jika satu tiket dipukul rata seharga 50.000, maka kamu perlu siapkan dana minimal 1 juta untuk menonton film di bioskop sepanjang Desember.

Jadi silakan pilih-pilih film yang akan ditonton, dan siapkan budgeting-nya dari sekarang.

Topics #film impor #film indonesia