Ramadan sebentar lagi.

Umat Muslim wajib menyambut datangnya bulan Ramadan dengan hati riang gembira. Pasalnya bulan yang hanya datang setahun sekali ini penuh dengan keberkahan. Dan segala amal kebaikan yang dilakukan di bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah.

Kebahagiaan Ramadan juga sangat berarti bagi saya sebagai penonton serial televisi. Kenapa? Karena di bulan Ramadan ini biasanya serial televisi atau yang lebih kita kenal dengan sebutan sinetron menawarkan cerita yang penuh hikmah.

Di luar Ramadan mungkin kita seringkali melihat adegan kekerasan, perencanaan kecelakaan yang terstruktur, dan segudang hal negatif lainnya. Tapi di bulan Ramadan, cerita seperti itu akan berkurang.

Nah, bicara serial televisi Ramadan, beberapa rumah produksi sudah mengumumkan karyanya yang akan menemani Ramadan kita sebulan penuh.

Berikut rangkumannya:

1. Para Pencari Tuhan Jilid 14: Ingat Mati Bro! (SCTV, 02.45 WIB)

Fatih main di sini sekarang/Citra Sinema

Mungkin Para Pencari Tuhan adalah sinetron yang paling rajin nongol di Ramadan. Bayangkan saja, di Ramadan 2021 sinetron garapan Citra Sinema ini sudah memasuki season 14. Artinya sudah menemani masyarakat Indonesia selama 14 kali Ramadan.

Meskipun hadir setiap tahun, Para Pencari Tuhan senantiasa menyuguhkan tema dan cerita baru dengan subjudul yang beragam. Di jilid yang ke-14 ini, Para Pencari Tuhan mengambil subjudul Ingat Mati Bro!. Looks kekinian ‘kan?

Menurut penerawangan saya, cerita Ingat Mati Bro! akan lebih ringan jika dibandingkan dengan jilid ke-13 yang mengambil subjudul Masjid Sengketa.

2. Rumah Bidadari (SCTV, 04.30 WIB)

Adinda Azani akan beradu akting dengan pendatang baru Lavicky Nicholas/Citra Sinema

Di slot subuh atau sehabis sahur, kita akan dimanjakan oleh sinetron Rumah Bidadari yang juga diproduksi Citra Sinema. Jadi di Ramadan 2021, rumah produksi milik Deddy Mizwar ini menyuguhkan dua sinetron.

Untuk cerita sendiri, Rumah Bidadari akan mengisahkan perjuangan seorang lelaki tengil dan banyak tingkah yang harus meluluhkan hati seorang perempuan yang taat agama.

Karakter perempuan yang taat agama tersebut dipercayakan kepada Adinda Azani. Pada Ramadan lalu, Adinda Azani muncul dalam sinetron Insya Allah Surga garapan Starvision.

3. Magic Tasbih (SCTV, 12.30 WIB)

Posternya bikin penasaran dengan akting Ziudith/Starvision

Rumah produksi Starvision kembali meluncurkan sinetron untuk Ramadan 2021. Kali ini Starvision menggandeng artis Michelle Ziudith sebagai pemeran utama.

Michelle sendiri bukanlah aktor baru di ranah sinetron Ramadan. Sebelumnya ia bermain di Aku Bukan Ustadz Mendadak Soleh (RCTI) yang mengantarkannya meraih piala terpuji Festival Film Bandung 2019.

Selain Michelle Ziudith, beberapa aktor muda seperti Jeff Smith, Bryan Andrew, Puspa Ritchwary, dan Bobby Rizki akan turut serta meramaikan sinetron yang diberi judul Magic Tasbih ini.

Penasaran seperti apa ya ceritanya?

4. Bismillah Cinta (Indosiar, 18.00 WIB)

Sinetron produksi Mega Kreasi Films ini bercerita tentang seorang ustad muda nan ganteng yang jatuh cinta pada wanita pemandu karaoke.

Kedua karakter ini diperankan oleh pasangan Ali Syakieb dan Margin W yang belum lama ini menikah.

Hm… Kalau melihat premis dan trailernya, Bismillah Cinta ini mengingatkan saya pada drama Malaysia berjudul Nur (2018).

Keempat sinetron di atas mengambil slot waktu yang berbeda-beda. Dari mulai persiapan sahur hingga buka puasa. Jadi kalau Ramadan di rumah saja, kamu bisa seharian nontonin empat sinetron tersebut.

Topics #religi #serial